Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan besar yang berdampak pada perekonomian Indonesia. Teristimewa pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).sehingga mengharuskan pelaku usaha harus melakukan perubahan dalam usaha menghadapi era digital, dampak dari era digital ini sendiri justru memudahkan para pelaku usaha yang paham dengan teknologi dimana usaha yang dilakukan tidak lagi membutuhkan sewa gedung yang besar, tempat yang strategis untuk usaha tetapi hanya butuh outlet atau ruang kecil yang sederhana, yang bisa ditata dengan rapi sehingga memberikankesan menarik namun yang menjadi masalah adalah apakah pelaku usaha memahami dan menguasai, mau bersedia berubah mengikuti perkembangan jaman dan berusaha. Hal ini tidak mudah untuk dilakukan hal ini butuh strategi yang tepat dikembangkan demi keberlangsungan hidup UMKM. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan bagi pelaku usaha di Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah tentang strategi pengembangan usaha menghadapi era digital pada pelaku usaha mikro di desa waai untuk mempertahankan usaha bahkan untuk mengembangkan usaha sehingga pelaku usaha dapat terus bertahan dan mengembangkan usahanya. Strategi pemasaran melalui inovasi dan digital marketing, serta meenjadi entrepreneurship yang tangguh sehingga pada akhirnya usaha kecil dapat bertahan di masa krisis. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Penyuluhan atau Ceramah yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran para pelaku usaha. Hasil dari kegiatan ini adalah terserapnya pengetahuan tentang era digital bagi pelaku UMKM melalui materi yang diberikan dan dipahami sehingga mitra dapat mengubah pola usaha berpindah dari manual ke digital sehingga mampu berkembang di masa sulit
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023