Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan E-WOM terhadap keputusan pembelian Batam Ogura dengan brand image sebagai mediasi. Selain lokasinya yang strategis karena berlokasi di Kota Batam yang merupakan perbatasan antara Singapura dan Malaysia, Batam Ogura juga bergerak di bidang kuliner yang merupakan salah satu subsektor dengan penyumbang PDB tertinggi dalam industri ekonomi kreatif. Seluruh individu yang berusia di atas 17 tahun yang membeli produk dari Batam Ogura dijadikan sebagai objek penelitian. Metode sampling yang digunakan adalah non-probability yaitu judgmental sampling. Waktu pengambilan data dilakukan pada bulan Februari sampai dengan April 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google-form. Peneliti berhasil mengumpulkan 220 responden, 215 di antaranya ditindaklanjuti untuk analisis data. Skala Likert digunakan sebagai skala pengukuran. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara celebrity endorser terhadap brand image, E-WOM terhadap brand image, celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, brand image terhadap keputusan pembelian, selebriti terhadap keputusan pembelian melalui brand image. nilai. dan E-WOM pada keputusan pembelian yang disampaikan melalui brand image. Namun, hasil penelitian ini tidak menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara E-WOM dengan keputusan pembelian.
Copyrights © 2023