Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada masa pandemi Covid-19 di kelas IV sebuah Sekolah Dasar di Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data interaktif oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran online di kelas IV terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. perencanaan yaitu dengan menyiapkan RPP dan media pembelajaran. tahap implementasi dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi. Tahap evaluasi adalah mengevaluasi proses pembelajaran dan hasil kerja siswa. Kendala pelaksanaan pembelajaran keberanian adalah kurangnya motivasi siswa, keterbatasan sarana dan prasarana, dan keterbatasan kemampuan menggunakan platform pembelajaran. Faktor pendukung belajar berani adalah: sekolah memfasilitasi wifi dan sekolah memfasilitasi kuota internet. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diartikan bahwa kelas IV salah satu sekolah dasar di Surakarta telah melaksanakan pembelajaran dengan berani namun masih menemui berbagai kendala.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022