JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 2 No. 10: Mei 2023

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA (UINSU) MEDAN

Heny Maynisah Tanjung (Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Suheri Harahap (Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Anang Anas Azhar (Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)



Article Info

Publish Date
26 May 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera (UINSU) Medan”. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa dan Dosen dalam melaksanakan pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena yang dialami oleh subjek penelitian, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori efektivitas. Objek yang diteliti adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 UIN Sumatera Utara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara online (on the network) belum efektif dan belum optimal karena beberapa kendala seperti kurangnya sarana dan prasarana, jaringan yang tidak mendukung, dan kurangnya perencanaan pembelajaran yangg terkait dengan teknologi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...