Perencanaan pembelajaran di sekolah inklusi di sesuaikan dengan kebutuhan siswa dan mengacu pada kurikulum yang berlaku dan pedoman pembelajarn bagi siswa berkebutuhan khusus. Identifikasi dan asesmen siswa berkebutuhan khusus merupakan kegiatan awal yang dilakukan sebelum memulai pembelajaran. Ada beberapa bentuk RPP dan proses pembelajaran di sekolah inklusi yang pertama, RPP di kelas reguler penuh, RPP di kelas reguler dengan klaster, dan RPP Kelas khusus atau kelas individul. Begitu juga dengan proses belajar mengajar disesuikn dengan bentuk RPP yang digunakan. Upaya guru untuk merencanakan pembelajaran sebaik mungkin untuk memberikan fasilitas dan pelayanan belajar bagi siswa berkebutuhan khusus untuk dapat mengembangkan diri, percaya diri, dan untuk mendorong siswa berkebutuhan khusus berkesempatan belajar dan menjalin hubungan persahabatan bersama teman sebayanya. Berhasilnya pembelajaran di kelas inklusi bukan dari angka-angka yang didapat oleh siswa namun dari perubahan sikap, komunikasi dan adaptasi siswa berkebutuhan khusus itu yang lebih diutamakan. Saling menghormati, menghargai, ketekunan, kesungguhan, dan keseriusan, serta siswa berkebutuhan khusus mampu hidup berdampingan dengan siswa reguler dengan canda dan ceria.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023