JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 6 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Kebutuhan Desain Pembelajaran Termodinamika Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA

Mariam Mariam (Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Ismet Ismet (Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Kistiono Kistiono (Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan kurikulum pembelajaran pada abad 21, kebutuhan Guru, kebutuhan peserta didik dan kebutuhan pada kompetensi dasar materi Termodinamika dalam pengembangan desain pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilakukan di SMA Tri Dharma Palembang Tahun Pelajaran 2022-2023 sampel penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi, dokumentasi dan pedoman wawancara. Pedoman hasil pengamatan menggunakan teknik wawancara dan angket yang di analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data analisis kebutuhan berdasarkan tuntutan kurikulum pembelajaran abad 21, kebutuhan guru, kebutuhan peserta didik dan kebutuhan kompetensi dasar dari materi Termodinamika yang di dapatkan dari dokumentasi pengumpulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Teknik wawancana kepada guru dan peserta didik. Hasil pengamatan menemukan bahwa: (1) Tuntutan kurikulum pembelajaran abad 21 dengan keterampilan 4C yaitu kreativitas (creativity), berpikir kritis (critical thinking), komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration) belum sepenuhnya diterapkan. (2) Guru masih kesulitan dalam mengembangkan desain pembelajaran berbasis project pada materi Termodinamika. (3) Peserta didik hanya mempelajari teori saja sehingga sulit mengembangkan kreativitas pada saat pembelajaran materi termodinamika. (4) Kebutuhan kompetensi dasar pada materi termodinamika yaitu membuat karya atau model dan menerapkan Hukum Termodinamika. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut solusi yang diberikan perlunya dikembangkan desain pembelajaran termodinamika menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...