Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan
Vol 11 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI TEORI KOGINITF

Muhammad Qasash (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Akbar Syafruddin (Universitas Negeri Makassar)
Alimin Hamzah (Universitas Negeri Makassar)
Muh. Ilham Aksir (Universitas Negeri Makassar)
Ishak Bachtiar (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2023

Abstract

Belajar adalah proses dimana manusia memperoleh pengetahuan atau menguasainya melalui pengalaman, ingatan, pengumpulan informasi atau penemuan. Menurut teori aliran kognitif, kegiatan belajar melibatkan lebih dari sekedar stimulus atau reaksi mekanis; mereka juga melibatkan proses mental pelajar itu sendiri. Tingkat pertumbuhan kognitif seseorang menentukan bagaimana struktur mental seseorang berkembang. Bakat dan keterampilan yang diperlukan untuk memproses banyak informasi atau pengetahuan yang diambil seseorang dari lingkungannya meningkat dengan perkembangan kognitif yang lebih baik. Dengan memberikan pemahaman dan menerapkannya dalam permainan, pembelajaran kognitif berperan penting dalam penerapan praktik dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan, sehingga terjadi otomatisasi. Otomatisasi bergerak dari landasan kognitif-afektif. Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sangatlah penting. Menghubungkan pengetahuan baru dengan struktur kognitif siswa yang sudah ada sebelumnya akan meningkatkan keterlibatan dan retensi pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Kognitif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSBG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan is a scientific journal containing the publication of scientific papers on sports and health. Our main goal is to disseminate current and original articles from researchers and discuss various topics such as, Sports Education and Sports ...