Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini


MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PENDIDIK PAUD NONFORMAL DI KECAMATAN SEMANDING KABUPATEN TUBAN

Samu Samu (Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Adanya masalah kinerja mengajar pendidik KB di Kecamatan Semanding, kabupaten Tuban diasumsikan dipengaruhi oleh motivasi kerja pendidik. Mengingat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa motivasi kerja merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja mengajar pendidik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi kerja terhadap kinerja pendidik PAUD nonformal yang mengajar di KB Kecamatan Semanding, Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 dari 114 pendidik KB di Kecamatan Semanding. Kuesioner tertutup digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan pendidik dengan latar belakang pendidikan S-1 PAUDĀ  memiliki tingkat kinerja mengajar yang bagus. Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja mengajar pendidik KB di Kecamatan Semanding. Hal ini dibuktikan dari nilai Sig. (2-tailed) yang didapat sebesar 0,144 ( 0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

preschool

Publisher

Subject

Religion Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini published twice a year since October 2019. This journal is published by the Department of Early Childhood Studies, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as ...