Adanya masalah kinerja mengajar pendidik KB di Kecamatan Semanding, kabupaten Tuban diasumsikan dipengaruhi oleh motivasi kerja pendidik. Mengingat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa motivasi kerja merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja mengajar pendidik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi kerja terhadap kinerja pendidik PAUD nonformal yang mengajar di KB Kecamatan Semanding, Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 dari 114 pendidik KB di Kecamatan Semanding. Kuesioner tertutup digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan pendidik dengan latar belakang pendidikan S-1 PAUDĀ memiliki tingkat kinerja mengajar yang bagus. Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja mengajar pendidik KB di Kecamatan Semanding. Hal ini dibuktikan dari nilai Sig. (2-tailed) yang didapat sebesar 0,144 ( 0,05).
Copyrights © 2023