Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan unit usaha kerakyatan yang memiliki kontribusi besar dalam menjalankan roda perekonomian Indonesia, namun umumnya memiliki masalah yang sering dihadapi berupa kurangnya pengalaman dan pengetahuan, jaringan usaha dan pendanaan. Universitas Prasetiya Mulya melalui program Pengabdian Masyarakat tahun 2021 memilih sebuah UMKM di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, dengan nama Greenbelle yang menjual hampers dan suvenir pernikahan sebagai salah satu mitra yang akan didampingi agar Greenbelle memiliki daya saing yang lebih baik. Dari hasil analisa awal ditemukan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM ini adalah tentang pemasaran dan identitas merek, kurang menyadari pentingnya perhitungan harga pokok penjualan dan juga pencatatan keuangan yang baik. Program pendampingan dilakukan dengan cara daring dengan menggunakan metode primer dimana mitra dibimbing secara intensif agar Greenbelle dapat memisahkan identitas untuk produk massal dengan nama yang sudah dikenal baik dan menciptakan identitas baru untuk produk menengah dan mewah dengan identitas Kaisae. Pada akhir pendampingan, strategi diferensiasi berhasil dilakukan dan merek Greenbelle maupun Kaisae mampu bersaing pada segmen pasar nya masing-masing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022