Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media cerita animasi dalam pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) untuk meningkatkan keterampilan menyimak anak usia SD di kelas tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Studi literatur dilakukan dengan mengumpulkan referensi dari beberapa penelitian terdahulu yang kemudian dikompilasi untuk mencapai kesimpulan. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik dan praktisi pendidikan untuk mempertimbangkan penggunaan media cerita animasi dalam pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan menyimak anak usia SD di kelas tinggi. Implementasi yang tepat dan terpadu dari media ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengembangkan keterampilan menyimak siswa dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih berarti dalam konteks pembelajaran STEAM di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media cerita animasi dalam pembelajaran STEAM secara signifikan meningkatkan keterampilan menyimak anak usia SD di kelas tinggi. Para siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mereka dalam memahami dan merespons informasi yang disampaikan melalui media cerita animasi. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mereka untuk mengikuti instruksi secara verbal dan memperhatikan detail-detail penting dalam cerita.
Copyrights © 2023