Pandemi COVID-19 telah memengaruhi operasional rumah sakit karena dengan adanya wabah ini menyebabkan penurunan kunjungan pasien rawat jalan maupun rawat inap di rumah sakit, termasuk SPH. Inovasi di sektor publik pada saat ini menjadi sebuah keharusan untuk membuat kesediaan layanan yang semakin mudah, murah, terjangkau, dan merata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi inovasi Semen Padang Hospital dalam peningkatan produk layanan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Oktober 2021. Pendekatan kualitatif sebanyak 12 orang dengan indepth interview dan FGD. Adapun pihak tersebut yaitu pihak Yayasan SPH (5 orang), Direktur SPH (1 orang), Manajer Keuangan (1 orang), Manajer Pelayanan Medis (1 orang), Kepala Bagian SDM (1 orang). Hasil penelitian menunjukkan strategi inovasi SPH di masa pandemi COVID-19 mendatangkan kontribusi positif seperti adanya mempromosikan layanan SPH melalui media massa seperti koran, radio, spanduk, dan leaflet. Selain itu, menggunakan telemedicine, drive thru vaccination, booking online, swab PCR/antigen/ antibodi drive thru, MCU on site, dan direncanakan adanya home care dan lain-lain untuk kecepatan dan ketepatan pengiriman layanan. Diharapkan adanya kerjasama antara SPH dengan pemerintah serta dengan lintas sektor terkait guna meningkatkan kualitas produk layanan kesehatan masyarakat khususnya di Kota Padang.
Copyrights © 2023