Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 2, No 2 (2022)

PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING

Sonny Rohimat (SMA Negeri 6 Kota Serang)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk menyikapi kebijakan belajar dari rumah dengan cara membuat media pembelajaran interaktif berbasis elektronik. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan dua tahap utama, yaitu pembuatan media pembelajaran  interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash Professional 8, serta pembelajaran kimia secara daring dengan memanfaatkan media pembelajaran tersebut. Rancangan media pembelajaran ini terdiri dari tujuh halaman utama dengan masing-masing halaman akan disimpan dalam sebuah scene. Tampilan awal media pembelajaran diisi dengan scene loading dan scene menu, halaman utama terdiri atas scene tujuan, scene materi, dan scene evaluasi, serta bagian akhir media pembelajaran terdiri atas scene keluar dan scene ending. Pembuatan media pembelajaran dilakukan dengan cara memasang aplikasi Macromedia Flash Professional 8 pada laptop serta menyiapkan berbagai konten berupa tulisan, gambar, tombol, serta  file suara  yang akan digunakan. Langkah berikutnya adalah pembuatan scene, pengisian konten, dan publikasi. Tahap kedua adalah pemanfaatan media pembelajaran yang telah dibuat melalui pembelajaran secara mandiri dengan menggunakan komputer atau ponsel android.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...