Artikel ini membahas tentang penerapan metode field trip terhadap penguasaan penyusunan jumlah ismiyah di kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo. Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas VIII MTs Opu Daeng Risaju Palopo. Penelitian ini dilakansakan dalam dua siklus, yaitu menggunakan instrumen wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal pembelajaran sebelum diterapkan metode field trip, siswa masih kurang memahami pembelajaran penyusunan jumlah ismiyah, sebelum menerapkan metode field trip peneliti terlebuh dahulu mengukur kemampuan penyusunan jumlah ismiyah siswa kelas VIII MTs Opu daeng Risaju Palopo dengan mengadakan post test dan hasilnya yaitu 59%. Setelah penerapan metode Field trip, penguasaan penyusunan jumlah ismiyah peserta didik meningkat, hal ini dikarenakan adanya perbaikan disetiap siklus, pada siklus 1 hasil belajar peserta didik sebesar 79% dan meningkat menjadi 87% pada siklus 2. Hasil penilaian dari metode field trip menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai yang diperoleh siswa yaitu 59%, dan pada siklus I sebesar 79%, dan meningkat menjadi 87% pada siklus II ini termasuk kategori baik, nilai tersebut diperoleh dengan melakukan post tes dan pre tes pada setiap siklusnya, tes yang digunakan berbentuk tes essai. Dan digunakan juga teknik observasi untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya.
Copyrights © 2023