Chemistry Education Practice
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Struktur Atom Kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari

Rachmawati Rachmawati (Universitas Mataram)
Yunita Arian Sani Anwar (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)
Eka Junaidi (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)
Saprizal Hadisaputra (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gunungsari yang terdiri dari 4 kelas yang telah mengikuti pembelajaran kimia secara daring yang berjumlah 133. Sampel diambil secara random, sejumlah 100 siswa dari setiap kelas. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar kimia siswa, hasil angket dan wawancara. Analisis secara deskriptif data yang diperoleh memberikan hasil belajar siswa dan minat belajar terhadap penerapan pembelajarn daring termasuk kategori sangat baik. Hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal mencapai 73% dan sebagian besar hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 43%. Hasil penelitian minat belajar tercapai dengan hasil persentase kategori berminat sebesar 78%, adapun indikator perasaan senang memperoleh hasil persentase sebesar 78%, indikator perhatian dalam belajar memperoleh hasil persentase sebesar 77%, indikator ketertarikan memperoleh hasil persentase sebesar 79%, dan indikator keterlibatan memperoleh hasil persentase sebesar 49%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...