Pembangunan suatu konstruksi tidak lepas dari perancangan pondasi. Konstruksi Underpass di Jalan Provinsi STA 6+850 memudahkan kegiatan masyarakat dalam menempuh Jalan Tandem Hilir 1 tanpa harus terganggu karena adanya Jalan Tol Binjai – Stabat Sumatera Utara. Konstruksi Underpass memerlukan fondasi yang kuat dan kokoh. Studi pada fondasi tiang pancang dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui kapasitas tiang tunggal, hubungan penetrasi dengan kapasitas tiang rata-rata, dan perbandingan kapasitas tiang kelompok dari beberapa metode. Penelitian ini menggunakan data kalendering dari hasil pemancangan tiang untuk menganalisis kapasitas tiang pancang dengan formula dinamis. Hasil penelitian menunjukkan kapasitas tiang dari metode Modified New Engineering News Record (ENR) tidak jauh beda dengan Olsen Flaate (1967) dan Metode Hiley (1930), sedangkan Metode Gates (1957) lebih tinggi 24% dengan Metode ENR. Penetrasi tiang berhubungan dengan perilaku tanah, tanah yang keras menunjukkan penetrasi kecil dan kapasitas dukung tiang yang lebih tinggi.
Copyrights © 2023