Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2020): Oktober

Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Teks Persuasif Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023

Rahmawati Rahmawati (Unknown)
Siti Rohana Hariana (Univerisitas Mataram)
Rahmat Hidayat (Univerisitas Mataram)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2020

Abstract

Abstrak Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, metode observasi, teknik catat, dan metode dokumentasi. Data yang terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan instrumen penelitian. Penyajian data menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menemukan 56 kasus kesalahan penulisan ejaan pada karangan teks persuasif siswa kelas VIII F SMP Negeri 8 Mataram yang meliputi: (1) kesalahan penggunaan huruf berjumlah 29 kesalahan berupa kesalahan penggunaan huruf kapital atau huruf besar, (2) kesalahan penulisan kata berjumlah 15 kasus kesalahan berupa 4 kasus kesalahan penulisan kata berimbuhan, 3 kasus kesalahan penulisan kata depan, 1 kasus kesalahan penulisan singkatan dan akronim, dan 3 kasus kesalahan penulisan bentuk ulang, dan (3) kesalahan pemakaian tanda baca berjumlah 11 kasus kesalahan berupa 9 kasus kesalahan pemakaian tanda titik (.), dan 1 kasus kesalahan pemakaian tanda koma (,).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kopula

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan adalah suatu jurnal terbit dua kali setahun (Maret dan Oktober) yang dipublikasikan oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Mataram. Kopula pertama diterbitkan pada tahun 2019 sebagai wadah untuk mempublikasi hasil ...