Jurnal Economica: Media Komunikasi ISEI Riau
Vol. 11 No. 1 (2023): Jurnal Economica, April 2023

PENGARUH VIRAL MARKETING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA FACEBOOK MARKETPLACE MELALUI CONSUMER TRUST DI KOTA PEKANBARU

Janius Flantiono (Universitas Riau)
Zulkarnain Zulkarnain (Universitas Riau)
Eka Armas Pailis (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing dan online consumer review terhadap keputusan pembelian online pada facebook marketplace melalui consumer trust di Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli yang telah melakukan transaksi pembelian online di Facebook Marketplace di Pekanbaru. Penentuan sampel mengacu pada kriteria Hair dengan teknik Maximum Likelihood Estimation. Sampel penelitian ini sebanyak 200 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan tingkat pengukuran ordinal (Skala Likert). Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square model persamaan Structural Equation Modeling dengan metode estimasi parameter Boots-trap menggunakan bantuan software SmartPLS 4. Pengujian validitas sampel dilakukan dengan uji loading factor dan average variance extracted, sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan uji internal consistency berdasarkan nilai composite reliability. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Viral Marketing berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Online pada Facebook Marketplace, Online Consumer Review berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Online pada Facebook Marketplace, Viral Marketing berpengaruh terhadap Consumer Trust pada Facebook Marketplace, Online Consumer Review berpengaruh terhadap Consumer Trust pada Facebook Marketplace, Consumer Trust berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Online pada Facebook Marketplace.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economica

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economica menerbitkan artikel bidang ekonomi seperti berikut, namun tidak terbatas pada: Sosial Ekonomi Ekonomi Kreatif Ekonomi Pembangunan Pemasaran Manajemen Kebijakan Publik Akuntansi Keuangan e-commerce Bisnis Internasional ...