Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 7 No 2 (2023): Edisi Mei - Agustus 2023

ANALISIS PENGARUH KETERJANGKAUAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM LIVE SHOPPING UNTUK MENCIPTAKAN PURCHASE INTENTION PADA LIVE SHOPPING TIKTOK

Puspawati, Ni Nengah Nitha (Unknown)
Febrianta, Mochamad Yudha (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang kian cepat membuat masyarakat mencoba hal – hal baru dalam berbelanja di dunia maya. Dengan semakin populernya live streaming, banyak vendor di platform social commerce telah mengadopsi live streaming sebagai alat untuk meningkatkan kinerja penjualan khususnya di Indonesia. Baru – baru ini telah ditemukan fenomena bahwa live shopping yang dilakukan salah satu sosial media TikTok sedang menanjak naik namanya. Mulai banyak para pelaku bisnis beralih melakukan penjualan melalui live shopping di TikTok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Keterjangkauan Teknologi Informasi terhadap purchase intention pelanggan yang dimediasi melalui live shopping TikTok. Oleh karena itu model penelitian ini menekankan Keterjangkauan Teknologi Informasi dan keterlibatan pelanggan serta mendefinisikan keterlibatan live shopping di TikTok sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden yang merupakan pengguna aplikasi TikTok dan menggunakan fitur layanan live shopping TikTok. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui Google Forms. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equation model menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS v.3.2.9. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa keterjangkauan teknologi informasi yang terdiri dari visibility, metavoicing, dan guidance shopping berdampak signifikan pada keterlibatan live shopping yang terdiri dari immersion dan presence serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Dan live shopping memediasi antara keterjangkauan teknologi informasi dan purchase intention.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...