Kresna: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 1 (2023): Jurnal KRESNA Mei 2023

Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang

Aripin, Septiyandi (Unknown)
Hendri Irawan (Unknown)
Wendi Usino (Unknown)
Ita Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Pelayanan yang baik bagi orang tua tentunya sangat penting, salah satunya dengan mengelola hubungan baik antara orang tua dengan pihak sekolah yang dapat memberikan rasa nyaman terhadap orang tua dan sekolah. Customer relationship management (CRM) merupakan sebuah strategi pendekatan yang digunakan untuk membantu dalam mengelola hubungan antara sekolah dengan orang tua maupun calon orang tua, agar dapat membangun komunikasi lebih baik. SMA Islamic Centre dikelola menggunakan prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (school-based management) dengan pendekatan ilmiah dan religius. Permasalahan yang selama ini dihadapi sekolah adalah penyampaian informasi yang berjalan masih belum maksimal. Sekolah sulit mencapai target dalam mendapatkan siswa baru karena promosi yang kurang luas, masih banyaknya orang tua yang ingin melihat perkembangan nilai anak dan hasil evaluasi belajar tetapi hanya bisa dilihat setiap pembagian rapor, serta belum efektifnya penanganan keluhan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah merancang prototype e-CRM yang menyediakan informasi tentang promosi, perkembangan nilai, evaluasi belajar, dan keluhan sehingga sekolah dapat mengevaluasi permasalahan dan meningkatkan pelayanan kepada orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data yang ada pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang, yang berkaitan dengan topik yang dibahas untuk mendapatkan informasi yang lebih detail sesuai dengan kebutuhan sistem yang akan di buat. Data dan informasi diperoleh melalui wawancara langsung dengan wakil kepala sekolah bidang akademik dan staf sekolah dengan mengajukan pertanyaan mengenai masalah apa saja yang dihadapi pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototype CRM yang dapat meningkatkan pelayanan terhadap orang tua pada SMA Islamic Centre yang meliputi fitur promosi, pendaftaran, daftar nilai, evaluasi belajar, dan penanganan keluhan yang dapat memenuhi kebutuhan informasi serta membantu kelancaran proses bisnis dan komunikasi bagi kedua belah pihak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Kresna

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Jurnal KRESNA adalah media publikasi online hasil penelitian yang diterbitkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), Universitas Budi Luhur. Topik pada Jurnal ini adalah: - Ilmu Komputer dan Teknik Elektro - Ekonomi dan Bisnis - Komunikasi dan Desain Kreatif - Ilmu Sosial dan ...