Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik usaha olahan produk IKM Bilal Mekar Snack. Penelitian ini dilaksanakan di IKM Bilal Mekar Snack di Kelurahan Bulotadaa Barat, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo pada bulan April hingga Mei 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sehingga pada penelitian ini secara objektif mendeskripsikan data terhadap kondisi yang ada, model dan karakteristik usaha dari hasil olahan produk IKM Bilal Mekar Snack. Berdasarkan hasil penelitian, Karakteristik usaha olahan IKM Bilal Mekar Snack dari hasil konsumen yaitu dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: karakteristik produk dan karakteristik konsumen. Karakteristik produk ditinjau dari produk yang diproduksi oleh IKM tersebut seperti panada tore, sambal sagela, dan abon ikan tuna. Sedangkan, karakteristik konsumen dilihat dari 4 klasifikasi, seperti: jenis kelamin, rata- rata konsumen IKM Bilal Mekar Snack sebagian besar berjenis kelamin perempuan, yaitu sebanyak 64% dan yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 36 %; usia, rata-rata konsumen IKM BMS memiliki usia 21-30 tahun yang sering melakukan pembelian yaitu sebanyak 48%; pekerjaan, sebagian besar konsumen IKM BMS memiliki pekerjaan wiraswasta dan lainnya sebanyak 75%; jenis produk yang dibeli, rata-rata konsumen IKM BMS sebagian besar membeli produk panada tore sebanyak 40%, sambal sagela sebanyak 31% dan abon ikan tuna sebanyak 29%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022