Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Pengaruh E-Service Quality dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Milenial Pada Layanan Traveloka

Durado , Jenny Erysca (Unknown)
Febianti , Febianti (Unknown)
Nova , Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Traveloka salah satu Online Travel Agent di Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas pelayanan dan promosi belum terbukti dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 pengguna. Analisis data, yaitu statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Service Quality dan Promosi memiliki pengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Milenial yang berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian sehingga konsumen generasi milenial yang sudah pernah menggunakan layanan Traveloka maupun pengguna yang baru menggunakan layanan Traveloka merasa nyaman dengan E-Service Quality yang dimiliki oleh layanan Traveloka saat melakukan transaksi pembelian. Jumlah konsumen yang melakukan transaksi pada layanan Traveloka akan semakin meningkat jika Promosi dari layanan Traveloka dapat dikembangkan sehingga dapat menggapai cakupan konsumen dari berbagai kalangan secara luas. Traveloka is one of the Online Travel Agents in Southeast Asia. This study aims to determine the quality of service and promotion has not been proven to improve consumer purchasing decisions. With data collection techniques using a questionnaire with the type of quantitative research. The sample used in this study was 100 users. Data analysis, namely descriptive statistics, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing. The results show that E-Service Quality and Promotion have a simultaneous influence on Millennial Generation Consumer Purchase Decisions which have a significant and influential effect on purchasing decisions so that millennial generation consumers who have used Traveloka services and users who are new to Traveloka services feel comfortable with E-Service. Quality owned by Traveloka services when making purchase transactions. The number of consumers who make transactions on Traveloka services will increase if Promotions from Traveloka services can be developed so that they can reach a broad range of consumers from various circles.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...