Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol. 11 No. 1 (2023): April

Kegiatan Meronce Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelompok B

Kiti Nada Puspita Gea (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Tegeh (Universitas Pendidikan Ganesha)
Dewa Ayu Puteri Handayani (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Rendahnya keterampilan sosial yang dimiliki oleh anak usia dini disebabkan karena anak lebih banyak bermain gadget dibandingkan bermain dengan teman sebanya. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan sosial antara kelompok anak yang dibelajarkan dengan kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share dengan kelompok anak yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional kelompok B. Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan rancangan menggunakan Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang berjumlah 86 orang. Penarikan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah sampel penelitian yakni 36 anak. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, dengan instrument penelitian berupa pedoman observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dilaksanakan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan signifikan keterampilan sosial kelompok anak yang dibelajarkan menggunakan kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share dan kelompok anak yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini disimpulkan bahwa kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan sosial anak kelompok B.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...