DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 6, No 1 (2023): VOLUME 6, NUMBER 1, 2023

Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Menumbuhkan Gerakan Literasi sebagai Kesiapan Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar

Rizky Arianty (Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2023

Abstract

Media pembelajaran buku cerita bergambar dapat dijadikan salah satu sarana untuk menumbuhkan gerakan literasi di sekolah utamanya dalam mempersiapkan Asesmen Kompetensi Minimum. Literasi yang diharapkan bukan hanya sebatas kemampuan membaca dan berhitung saja, namun juga pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Perhatian serius terhadap kemampuan literasi ditunjukkan oleh upaya Kemendikbud yang tercantum dalam kebijakan Asesmen Kompetensi Minimum. Review ini mengkaji penggunaan buku cerita bergambar dalam menumbuhkan gerakan literasi untuk mempersiapkan Asesmen Kompetensi Minimum di sekolah dasar. Review dilakukan dengan menganalisis manuskrip hasil riset yang diperoleh dari google scholar yang terindeks secara nasional dan internasional. Review ini melibatkan 20 artikel jurnal hasil riset yang berkaitan dengan buku cerita bergambar, literasi membaca dan literasi berhitung. Artikel disusun dalam bentuk systematic review dengan menggunakan metode prisma. Berdasarkan hasil review didapatkan bahwa media buku cerita bergambar dapat menumbuhkan gerakan literasi siswa di sekolah dasar, sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar is an international, open access, multidisciplinary, double-blind peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. DIDAKTIKA distributes articles that relate to both meta-analysis (include systematical review) and research and their ...