Intisari: Peningkatan konsumsi kopi di Indonesia didukung dengan pola masyarakat yang gemar dalam mengonsumsi kopi, dan ditunjang dengan harga yang terjangkau, kepraktisan dalam penyajian (instan) serta keragaman rasa/citarasa yang sesuai dengan selera konsumen. Salah satu industri kopi adalah kopi merek Kapal Api. Kopi merek ini cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari terpilihnya Kopi Kapal Api dalam Top Brand kategori kopi bubuk berampas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian produk kopi Kapal Api di Kota Yogyakarta. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 50 orang, metode yang digunakan yaitu accidental random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner dan metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel budaya, sosial, pribadi dan psikologi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Faktor budaya dan sosial secara individual tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Faktor pribadi dan psikologi secara individual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian.
Copyrights © 2019