Kopi merupakan salah satu jenis minuman global yang mulai dicintai pada saat ini, konsumsi kopi tidak terlepas dari pengaruh gaya hidup masyarakat modern. Salah satu bisnis yang sedang berkembang adalah bisnis kafe. Penelitian ini diarahkan untuk mengidentifikasi minat konsumen terhadap kopi Arabika di Kafé Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk didalamnya mendeskripsikan jenis produk dan merek (asal) kopi yang dikenal dan disukai konsumen.Untuk dapat memperoleh data diajukan pertanyaan kepada 50 responden. Data yang diambil sebagai variabel dalam penelitian ini meliputi Minat, Harga, Merek, dan Kualitas. Skala Likert digunakan untuk mengukur suatu sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang suatu fenomena sosial. Indikator minat yang meliputi psikologis, kebutuhan, keluarga, lingkungan, sekolah, dan pergaulan berperanguh positif terhadap minat konsumen kopi arabika sebesar (88%). Merek kopi arabika yang paling banyak diminati responden adalah Toraja 12 (24%) responden, Bali 12 (24%) responden dan Aceh 11 (22%) responden. Kualitas kopi arabika yang dipilih responden masuk pada kategori kualitas tinggi dengan persentase sebesar 78%.
Copyrights © 2019