Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 11, No 2 (2023)

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Open Ended di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Batudaa

Djikilo, Fadila A (Unknown)
Zakaria, Perry (Unknown)
Isa, Dewi Rahmawaty (Unknown)
Majid, Majid (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematik asiswa pada materi himpunan melalui model pembelajaran open ended. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batudaa pada tahun ajaran 2022-2023. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan 26 siswa sebagai subjek penelitian. Istrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil pengamatan kegiatan guru menunjukkan kategori minimal baik atau sangat baik dengan presentase 97,06% sedangkan hasil pengamatan kegiatan siswa menunjukkan kategori minimal baik atau sangat baik dengan presentase 90%.Adapun tes hasil belajar menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 23siswa (88,46%) dan tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa (11,54%). Jadi, rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan telah memenuhi indicator keberhasilan belajar.

Copyrights © 2023