Penggunaan media game sebagai media pembelajaran dapat digunakan untuk mengatasi beberapa hambatan yang mungkin dialami oleh siswa terutama saat pembelajaran ceramah yang cepat membuat siswa merasa bosan, media pembelajaran game bisa menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan tanpa adanya rasa bosan. Dengan penerapan media pembelajaran game diharapkan bisa memberikan perubahan dalam kegiatan belajar, sehingga membuat hasil belajar siswa bisa ditingkatkan. Hasil dari penelitian media game monopoli otomotif lebih baik daripada media power point dengan nilai mean hasil belajar 80,71 dan 73,76 dengan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis dinyatakan diterima jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kompetensi cara kerja dari mesin 2 dan 4 langkah siswa kelas X di SMKN Darul Ulum Muncar. hal ini membuktikan jika memakai media game monopoli otomotif dapat membuat hasil belajar meningkat lebih baik dari pada media power point.
Copyrights © 2023