Perkembangan proses belajar mengajar jauh ini mempunyai dampak moralitas kepada para pelajar masa kini salah satunya unggah-ungguh siswa dalam berkehidupan. Kurangnya inovasi tersebut menutup salah satu pintu ilmu baru bagi siswa. Melalui pembelajaran sastra dirasa mumpuni untuk mengatasi hal tersebut. Adanya inovasi dalam pembelajaran dengan menambahkan aspek sosial budaya dalam cerita legenda merupakan salah satu contoh konkrit tindakan yang dapat ditujukan oleh siswa. Aspek sosial budaya dalam cerita legenda Terjadinya Bledug Kuwu dapat menjadi referensi siswa dalam mengetahui nilai-nilai luhur dalam cerita legenda dan dapat menerapkan unggah-ungguhnya di dalam berkehidupan dan bermasyarakat serta menambah wawasan kepada siswa mengenai seluk beluk suatu cerita legenda yang terdapat di daerah sekitar wilayah mereka. Aspek sosial budaya dalam cerita legenda Terjadinya Bledug Kuwu digunakan sebagai materi ajar khususnya untuk kelas VIII SMP dengan menjabarkan aspek sosial budaya yang terdapat unsur intrinsik sebuah cerita legenda. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu deskriptif kualitatif dan metode penelitian kepustakaan. Penelitian ini menemukan hasil mengenai aspek sosial budaya dalam cerita legenda Terjadinya Bledug Kuwu dan relevansinya sebagai materi ajar bahasa Jawa kelas VIII SMP pada KD legenda. Hasil termuan tersebut berupa aspek sosial dan aspek budaya dalam cerita legenda dan alasan cerita legenda Terjadinya Bledug Kuwu tersebut relevan menjadi materi ajar untuk siswa SMP khususnya kelas VIII.
Copyrights © 2021