Abstrak. Penerapan Metode Estafet Writing dalam keterampilan menulis karangan Bahasa Jerman berdasarkan gambar siswa SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses, dan hasil penerapan metode Estafet Writing dalam keterampilan menulis karangan Bahasa Jerman berdasarkan gambar siswa SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes keterampilan berbicara siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis bahasa Jerman untuk SMAN 1 Gowa pada siklus I adalah 48,63 atau 48,63 % kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 72,56 atau 72,56%. Peningkatan juga dirasakan oleh siswa SMAN 8 Gowa yaitu pada siklus I adalah 46,88 atau 46,88 % kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,81 atau 78,81%. Hal yang sama juga dirasakan oleh siswa SMAN 10 Gowa yaitu terjadi peningkatan yaitu pada siklus I adalah 44, atau 44,09 % kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,81 atau 78,81%. Hal tersebut menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran berlangsung dalam dua siklus pada masing-masing sekolah terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada keterampilan menulis karangan bahasa Jerman siswa dengan menggunakan metode Estafet Writing.  Kata kunci : Metode Pembelajaran, Estafet Writing, Menulis 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019