Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga (PJOK) dengan pendekatan saintifik di SMA Negeri 3 Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Kota Makassar yang berjumlah 246 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terdiri dari 104 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket peserta didik, lembar observasi implementasi pembelajaran, lembar analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh Implementasi Pembelajaran PJOK dengan Pendekatan Saintifik di SMA Negeri 3 Kota Makassar dalam angket peserta didik dengan kategori “sangat baik” sebesar 71.15 % (74 peserta didik), kategori “baik” sebesar 28.85 % (30 peserta didik), kategori “kurang baik” 0% (0 peserta didik) dan kategori “tidak baik” 0% (0 peserta didik). Dari hasil analisis RPP dengan kategori “sangat baik” sebesar 0%, kategori “baik” sebesar 100%, kategori “kurang baik” 0% dan kategori “tidak baik” 0%. Dari hasil implementasi pembelajaran kategori “sangat baik” sebesar 100%, kategori “baik” sebesar 0%, kategori “kurang baik” 0% dan kategori “tidak baik” 0%. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, Pendekatan Saintifik
Copyrights © 2022