At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam
Vol 22, No 1 (2023): JUNI

Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Anak Di PAUD Al-Barokah Koto Majidin Diair

Rifyal Novalia (IAIN Kerinci)
Titin Kusayang (IAIN Kerinci)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Abstract: The Role Of The Teacher In Developing The Character Of Child Tolerance In Early Children's Education Al-Barokah Koto Majidin Diair.This article aims to analyze the role of the teacher in developing the tolerance character of early childhood at PAUD Al-Barokah in Koto Majidin DiAir Village. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive methods. The results showed that the nature of tolerance found in early childhood at PAUD Al-Barokah, obtained 3 indicators, namely: 1) PAUD children like to share with friends, 2) PAUD children like to work with friends, 3) PAUD children do not make noise. Where the three indicators have gone well, but a small number of children are still found who need more guidance so that children can apply this tolerant attitude. How teachers apply tolerance to early childhood at PAUD Al-Barokah Koto Majidin DiAir Village, namely: 1) Encouraging children to share food, 2) Carrying out mutual cooperation activities, 3) Carrying out religious activities, 4) familiarity activities by embracing and holding hands, 5) building a culture of shaking hands. In this way, in general, the children were very enthusiastic and participatory in following the teacher's way. Even though there were still children who lacked focus in participating in these activities, over time the children one by one were able to give positive responses.Abstract: Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Anak Di Paud Al-Barokah Koto Majidin Diair Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap peran guru dalam mengembangkan karakter toleransi anak usia dini di PAUD Al-Barokah di Desa Koto Majidin DiAir. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat toleransi yang ditemukan pada anak usia dini di PAUD Al-Barokah, didapatkan 3 indikator yaitu: 1) Anak PAUD senang berbagi terhadap sesama teman, 2) Anak PAUD senang bekerja sama dengan teman, 3) Anak PAUD tidak membuat keributan. Dimana ketiga indikator tersebut sudah berjalan dengan baik, namun sebagian kecil masih ditemukan anak-anak yang perlu bimbingan lagi agar anak-anak dapat menerapkan sifat toleran tersebut. Cara guru menerapkan toleransi pada anak usia dini di PAUD Al-Barokah Desa Koto Majidin DiAir yaitu: 1) Mendorong anak untuk berbagi makanan, 2) Melaksanakan Kegiatan gotong royong, 3) Melaksanakan kegiatan religius, 4) kegiatan keakraban dengan cara merangkul dan bergandengan tangan, 5) membangun budaya bersalam-salaman. Dengan cara tersebut secara umum anak-anak sangat antusias dan partisipatif dalam mengikuti cara guru tersebut. Meskipun masih ada anak-anak yang kurang fokus dalam mengikuti kegiatan tersebut, namun seiring dengan berjalannya waktu anak-anak satu persatu sudah dapat memberikan respon yang positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attalim

Publisher

Subject

Education

Description

At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam memuat artikel tentang Pendidikan Islam hasil penelitian dan kajian di bidang Pendidikan Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Institut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap bulan JUNI dan ...