Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 9 No. 2 (2023)

Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Antusias Siswa Sekolah Dasar

Nur Taufik Hidayat (SDN Ngeposari, Semanu)
Rahmat Mulyono (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui antusiasme siswa setelah menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi berupa laptop dan LCD proyektor di kelas V SDN Banyubening I Karangmojo Gunungkidul. Laptop dan LCD proyektor merupakan perangkat yang diyakini efektif dalam meningkatkan semangat siswa khususnya siswa sekolah dasar di pedesaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh data. Melalui pendekatan ini diharapkan dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sehingga memudahkan peneliti untuk menarik kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini setelah menggunakan media laptop dan LCD proyektor diharapkan mampu meningkatkan semangat siswa dengan indikator: siswa tidak berbicara sendiri saat belajar, siswa tidak mengantuk saat belajar, siswa terlihat senang saat guru menggunakan media laptop dan LCD proyektor, siswa aktif selama pembelajaran, siswa antusias dalam belajar, dan siswa mudah memahami materi pelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...