EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 3 (2023): June

Pendidikan di Indonesia Berdasarkan Aliran Pendidikan (Konsep dan Praktik)

Ruli Hafidah (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Sunardi Sunardi (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan praktik pendidikan di Indonesia dipandang dari aliran pendidikan yang bervariatif seperti empirisme, progresivisme, pragmatisme, dan sebagainya. Tulisan ini merupakan hasil studi literatur dari berbagai referensi baik jurnal maupun buku terkait konsep dan praktik pendidikan di Indonesia dikaitkan dengan aliran pendidikan yang ada tersebut. Data-data atau informasi dari berbagai referensi tersebut dianalisis dengan content analysis. Hasil analisis dari tulisan ini adalah pendidikan di Indonesia sebagai sekelompok komponen yang membentuk suatu sistem pembentuk di dalamnya, diantaranya adalah undang-undang atau kebijakan, tujuan pendidikan, peran siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dua hal penting selain hal penting lainnya yang menjadi penekanan konsep pendidikan yang sudah diimplementasikan pemerintah Indonesia saat ini terkait dengan siswa adalah pembentukan pendidikan karakter dan merdeka belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...