EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 3 (2023): June

Pemanfaatan dan Efektivitas Platfom Digital dalam Pembelajaran English For Nurses

Ni Wayan Novi Suryati (Institut Teknologi dan Kesehatan (ITEKES) Bali, Indonesia)
Kadek Ary Susandi (Institut Teknologi dan Kesehatan (ITEKES) Bali, Indonesia)
Kadek Maya Cyntia Dewi (Institut Teknologi dan Kesehatan (ITEKES) Bali, Indonesia)
Putu Rusanti (Institut Teknologi dan Kesehatan (ITEKES) Bali, Indonesia)
I Gusti Agung Galuh Wismadewi (Institut Teknologi dan Kesehatan (ITEKES) Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dan efektivitas platfom digital sebagai media pembelajaran online pada pembelajaran English for Nurses (EFN). Beberapa platfom digital yang dianalisis yaitu Whatsapp, Zoom Meeting, dan Google Classroom. Penelitian ini menggunakan desain  deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden penelitian sebanyak 61 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling technique. Hasil data pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan angket dengan Google Form, interview, dan observasi serta dianalisa secara kualitatif. Didapatkan hasil bahwa mayoritas responden menyatakan penggunaan platfom digital tersebut sangat membantu dan efektif pada pembelajaran EFN yaitu sebanyak 45.90% menyatakan efektif pada penggunaan Whatsapp, 49.90% responden menyatakan efektif pada penggunaan Zoom Meeting, dan 50.80% responden menyatakan efektif pada penggunaan Google Classroom. Dapat dilihat bahwa urutan efektivitas platfom digital pada pembelajaran EFN adalah penggunaan Google Classroom, Zoom Meeting, dan Whatsapp dengan berbagai fitur-fitur pendukung masing-masing platfom digital tersebut dalam kelancaran pembelajaran EFN. Sehingga, pada hasil penelitian ini didapatkan bahwa platfom digital seperti Google Classroom, Zoom Meeting, dan Whatsapp sangat efektif dalam membantu dan menunjang proses dan kegiatan pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...