EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023)

Pengaruh Kegiatan Menyendok pada Practical-Life Montessori terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun

Adilah Wina Fitria (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Annisa Tamara (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Emmy Novita Basrah (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Iin Istiqamah (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Herman Herman (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Konsentrasi anak termasuk salah satu hal yang sangat krusial baik bagi perkembangan pribadi anak maupun bagi kesuksesan jangka Panjang. Anak-anak dengan rentang konsentrasi yang panjang pada umumnya memiliki performa yang lebih baik di sekolah. Hasil observasi di TK Zivana Montessori yang terletak di jalan Prof. Abdurrahman Basalamah, Komp. Villa Racing Blok A No. 9 kota Makassar, Sulawesi Selatan menunjukkan bahwa peserta didik memiliki rentang konsentrasi yang rendah. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan kegiatan menyendok sebagai salah satu aparatus montessori area keterampilan hidup yang ada pada kurikulum Montessori untuk mengetahui pengaruhnya terhadap rentang konsentrasi pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu anak usia 4-5 tahun di TK Zivana Montessori. Dari uji pretest dapat diketahui bahwa rentang konsentrasi anak rata-rata yaitu 9.37 menit, kemudian setelah diberikan perlakuan maka rentang konsentrasi anak bertambah menjadi 12.83 menit. Selanjutnya hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi (0.000) < α (0.05), sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan menyendok dalam area keterampilan hidup kurikulum montessori memberikan pengaruh terhadap peningkatan rentang konsentrasi pada anak

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...