Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan representasi matematis siswa SMP ketika menyelesaikan soal himpunan. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Penelitian dilakukan di kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 34 siswa dan pengambilan sampelnya dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknis analisis data menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan ialah tes kemampuan representasi matematis berupa soal materi himpunan dalam bentuk soal uraian (essay). Hasil penelitian diperoleh siswa dengan kategori representasi tinggi memenuhi indikator representasi verbal dan representasi gambar dengan baik, namun belum memenuhi indiktor representasi simbol. Siswa pada kategori sedang memenuhi indikator representasi verbal, namun belum memenuhi indikator representasi simbol dan representasi gambar. Siswa pada kategori rendah belum memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis.
Copyrights © 2023