PRISMA
Vol 12, No 1 (2023): PRISMA

Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Ditinjau dari Self-Confidence dan Kemampuan Penalaran dalam Pendidikan Matematika

Siti Khadijah (Universitas Labuhanbatu)
Amin Harahap (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang ditinjau dari Self-Confidence dan kemampuan penalaran dalam pendidikan matematika pada materi persamaan kuadrat siswa kelas X ipa SMA Negeri 1 Bilah Hilir. Penilitian ini menggunakan metode uji T. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X SMA Negeri 1 Bilah Hilir T.P 2022/2023 yang berjumlah 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan kemampuan penalaran siswa serta self-esteem siswa itu sendiri dalam menyelesaikan soal-soal tersebut. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan tes kemempuan I,  dan tes kemempuan  II yang berbentuk uraian. Tes kemampuan I berjumlah 3 soal dan tes kemempuan II 5 soal. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh : (1) hasil tes kemampuan I diperoleh 18 orang siswa atau 64,29% tingkat ketuntasan belajarnya diatas 60%, sedangkan 10 orang siswa atau 35,71%  tingkat ketuntasan belajarnya dibawah 60%. (2) tes kemampuan II diperoleh 11 orang siswa atau   39,29% tingkat ketuntasan belajarnya dibawah 60%, sedangkan  17 orang siswa atau 60,71% tingkat ketuntasan belajarnya diatas 60%. Sedangkan , hasil dari kemampuan penalaran siswa pada tes kemampuan I berada pada kategori sangat baik dan pada kemampuan II  berada pada kategori  baik. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bilah Hiir pada materi persamaan kuadrat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...