PRISMA
Vol 12, No 1 (2023): PRISMA

Penerapan Pembelajaran Berbasis Komik dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Barisan Aritmatika di Sekolah SMA Negeri 2 Bilah Hulu

Wulandari, Tiara (Unknown)
Hasibuan, Lily Rohanita (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Kemampuan belajar matematika siswa memerlukan peningkatan dari sekolah sebagai lembaga pendidikan. Selain itu, ini penting untuk secara maksimal mengintegrasikan pendidikan karakter yakni minat belajar dalam pembelajaran matematika. Salah satu upayanya adalah mengimplementasikan komik matematika sebagai bahan ajar melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan bahan ajar komik matematika dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi baris aritmatika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasinya adalah XI IPA SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar komik matematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada awalnya, hasil belajar keduanya termasuk dalam kategori baik, dan setelah diberi perlakuan terjadi peningkatan dalam kategori sangat baik. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis komik demi mendapatkan hasil belajar yang diinginkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...