An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam
Vol 15, No 1 (2023)

ANALISIS WACANA PESAN DAKWAH DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH 1453 KARYA FELIX Y. SIAUW

Darmawansah Darmawansah (IAIN LHOKSEUMAWE ACEH)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Wacana Pesan Dakwah dalam Buku Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix. Y. Siauw.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana wacana pesan dakwah dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix. Y. Siauw. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kajian kepustakaan (library reseach) dengan menggunakan analisis wacana model A. Teun Van Djik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pesan dakwah yang terkandung dalam buku Muhammad Al-Fatih 1435  karya Felix J. Siauw bab Stairway to Constantinopel (tangga menuju Kontantinopel) adalah pesan aqidah yaitu: Iman kepada Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Hari Kiamat. Pesan Ibadah yaitu: shalat fadhu dan sunat, membaca al-Qur’an dan berdoa, pesan akhlak yaitu; sabar dan tawakkal. Sedangkan analisis pesan dakwah dengan model Teun Van Djik adalah elemen tematik yakni Stairway to Constantinopel (tangga menuju Kontantinopel). Sedangkan elemen skematiknya menggunakan story dimulai dari Bisyarah Nubuwwah Rasulullah yang menjadi semangat kaum Muslim, sehingga terjadi ekspidisi ke wilayah yang sikuasai oleh bangasa Romawi dan Persia dengan tujuan akhir adalah kota Konstantinopel. Untuk analisis sintaksis kata ganti penulis (komunikator) menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal dan jamak. Segi stilistic penulis  kata atau bahasa Indonesia yang baku dengan sasaran masyarakat Indonesia seluruhnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKIN

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam is a journal published by the faculty of da'wah and communication at Unisnu Jepara, aimed at creating and expanding innovations in the concepts, theories, paradigms, perspectives and methodologies of da'wah and communication, by publishing the results of research ...