Jurnal Aplikasi Bisnis
Vol. 20 No. 1: Volume 20 No. 1, Juni 2023

FAKTOR PENENTU YANG MEMPENGARUHI NIAT BELI KONSUMEN PADA ONLINE FLASH SALE DI SHOPEE

Mufidah Nafaturrahmah (Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Budi Astuti (Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Dalam kurun satu dekade, marketplace telah jauh berkembang dengan pesat. Hal ini tidak luput dari kegiatan promosi pada sejumlah perusahaan dagang berbasis elektronik, salah satunya kegiatan online flash sale (OFS). Penelitian tentang OFS masih jarang dilakukan di Indonesia, oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk menganalisis faktor pengaruh niat pembelian pada online flash sale di Shopee. Variabel yang digunakan adalah tekanan waktu, sebagai bagian dari keterbatasan yang diciptakan dari OFS, serta keterlibatan produk dan nilai yang dirasakan konsumen. Nilai yang dirasakan berupa nilai harga, fungsional, emosional, dan sosial. Penelitian ini menggunakan data primer, yakni meninjau langsung pada pengguna Shopee untuk menunjang analisis secara konkret melalui analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang digambarkan berkontribusi dalam penelitian lanjutan dan kualitas kegiatan online flash sale di Shopee sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengembangkan strategi pemasaran. Kata Kunci: online flash sale, tekanan waktu, keterlibatan produk, nilai yang dirasakan, niat beli.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JABIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Aplikasi Bisnis (JABIS) is a journal periodical written both in Indonesian and English language. JABIS published by Diploma III Economy of Universitas Islam Indonesia twice a year on July and December. JABIS is a media of communication and reply forum for scientific works especially ...