Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Vol 5, No 1 (2021): Ijtimaiyah Januari-Juni

Pengaruh Pembelajaran Teams Games Tournaments Menggunakan Media Puzzle Pada Materi Organisasi Pergerakan Nasional Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai Tahun Pelajaran 2019-2020

Fakhruna Saif (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fatkhur Rahman2 Rahman (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh pembelajaran teams games tournaments menggunakan puzzle pada materi organisasi pergerakan kemerdekaan Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai tahun pelajaran 2019-2020.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana penelitian kuantitatif lebih menekankan pengolahan datanya dalam bentuk angka serta dalam mengolah data pada penelitian ini menggunakan bantuan microsoft excel 2010. Seluruh kelas VIII di sekolah ini ditetapkan sebagai populasi penelitian yang terdiri dari 5 kelas. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-3 dengan ditentukan berdasarkan cluster random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas VIII-1 dan kelas kontrol yaitu kelas VIII-3.Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument tes, tes dibagikan kepada seluruh sampel dengan jumlah dan pertanyaan yang sejenis. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji T dan Uji N-Gain. Sebelum merujuk kepada Uji-T dan Uji N-Gain, data keseluruhan harus bersifat homogen dan normalitas. Sehingga didapatkan hasil yang diinginkan pada Uji-t dan Uji N-Gain. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran teams games tournaments menggunakan media puzzle terhadap hasil belajar dengan memproleh hasil dari THitung = 19,73 > TTabel = 1,697 dengan taraf 0,05. Berdasarkan hasil dari uji N-Gain dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran teams games tournaments dengan menggunakan puzzle termasuk kedalam kategori pembelajaran yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam mata pelajaran IPS materi organisasi pergerakan nasional dengan taraf nilai  yang dihasilkan 75,89. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa pembelajaran teams games tournaments  menggunakan puzzle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijtimaiyah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini merupakan jurnal Pendidikan dan penelitian berbasis sosial dan budaya. (P-ISSN : 2541-660x dan E-ISSN: 2829-6877) diterbitkan oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SU Medan. Jurnal Ijtimaiyah Ilmu Sosial dan Budaya ini tidak hanya menerima ...