Tingginya permintaan dupa di Provinsi Bali telah mendorong lahirnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produsen Dupa di provinsi tersebut sehingga persaingan usaha menjadi semakin ketat. Beberapa strategi yang diterapkan perusahaan, yaitu strategi penetapan harga, strategi diferensiasi, dan diversifikasi produk dengan menciptakan produk unik dan berbeda. Penelitian ini menggunakan jenis field research, pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder, metode observasi dan wawancara, kemudian data diuji keabsahannya dengan metode triangulasi. Objek penelitian ini adalah CV Saraswati 108 yang berada di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis, diperoleh temuan bahwa strategi penetapan harga, strategi diferensiasi produk, dan strategi diversifikasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing perusahaan. Faktor lain yang diterapkan perusahaan adalah responsif, adaptif, service excelent, dan up to date.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023