Forum Ekonomi : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 25, No 2 (2023): April

Strategi penetapan harga, diferensiasi dan diversifikasi produk dalam membangun keunggulan bersaing UMKM

Luh Putu Ratna (Universitas Terbuka)
Luh Putu Mahyuni (Universitas Pendidikan Nasional)
Anak Agung Made Sastrawan Putra (Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Terbuka, UPBJJ UT Denpasar, Bali.)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Tingginya permintaan dupa di Provinsi Bali telah mendorong lahirnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produsen Dupa di provinsi tersebut sehingga persaingan usaha menjadi semakin ketat. Beberapa strategi yang diterapkan perusahaan, yaitu strategi penetapan harga, strategi diferensiasi, dan diversifikasi produk dengan menciptakan produk unik dan berbeda. Penelitian ini menggunakan jenis field research, pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder, metode observasi dan wawancara, kemudian data diuji keabsahannya dengan metode triangulasi. Objek penelitian ini adalah CV Saraswati 108 yang berada di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis, diperoleh temuan bahwa strategi penetapan harga, strategi diferensiasi produk, dan strategi diversifikasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing perusahaan. Faktor lain yang diterapkan perusahaan adalah responsif, adaptif, service excelent, dan up to date.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

FORUMEKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansiis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...