Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 1 (2023)

Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Teluk Kijing

Boby Kurniawan (Unknown)
Aryaningrum, Kiki (Unknown)
Faipri Selegi , Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di SD Negeri 1 Teluk Kijing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakter dan kedisiplinan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan untuk mengetahui dampak kegiatan pramuka dalam membentuk kedisiplinan siswa sekolah dasar 1 Teluk Kijing.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif. Pengambilan data-datanya berupa kata-kata (bukan angka-angka) yang berasal dari catatan laporan, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasilnya kemudian di analisis sehingga memperoleh kesimpulan sesuai dengan tujuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD 1 Teluk Kijing telah berjalan dengan baik, semua kegiatan telah di susun dalam bentuk program. Setiap program yang disusun menekankan penanaman karakter siswa terutama karakter disiplin dn tanggung jawab.Karakter dispilin pada siswa SDN 1 Teluk Kijing semenjak siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pramuka sudah mengalami peningkatan kearah yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara dengan wali kelas, observasi dan penyebaran angket kepada siswa rata-rata presentase observasi dan angket siswa berada di kisaran 32-42 (≤ 84%) termasuk kategori disiplin. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SDN 1 Teluk Kijing sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin siswa pada sekolah ini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...