Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan mendeskripsikan kendala atau keterbatasan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran abad 21 di sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) atau (literature review). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Validitas data yang digunakan ditentukan oleh observasi dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menujukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran abad 21 di sekolah menengah pertama adalah (1) Teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk membuat rancangan pembelajaran melalui eksplorasi model, metode, dan strategi pembelajaran; (2) Guru menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber informasi tambahan; (3) Siswa menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar; (4) Guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memvisualisasikan konten yang abstrak; (5) Guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan pembelajaran dalam jaringan; (6) Guru menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Namun di sisi lain, kendala pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran abad 21 di sekolah menengah pertama antara lain (1) Kompetensi guru untuk menggunakan teknologi ke dalam pembelajaran belum memenuhi; (2) Kurangnya sumber daya IT; (3) Perangkat multimedia dengan spesifikasi yang mencukupi belum tersedia. Kata kunci: Pemanfaatan TIK, Pengajaran, Pembelajaran Abad 21, Teknologi Pendidikan.
Copyrights © 2023