Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dan kesiapan belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh kelas XI program keahlian teknik konstruksi dan properti di SMK Negeri 5 Kupang. Populasi penelitian adalah seluruh guru bangunan dan seluruh siswa kelas XI program keahlian teknik konstruksi dan properti tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 146 orang (45 orang guru dan 101 orang siswa). Teknik sampling dengan proporsional sampling, sedangkan penentuan jumlah sampel dengan formulasi Slovin, adapun jumlah sampel sebagai responden penelitian sebanyak 81 orang (31 orang guru dan 50 orang siswa). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru tidak siap dalam proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini ditunjukkan berdasarkan nilai rerata empirik yang diperoleh sebesar 107,46 yang terletak pada interval skor teoretik antara 65 – 92 dengan skor 10 atau 32,26%, yang bermakna bahwa kesiapan guru di SMK Negeri 5 Kupang tergolong kategori tidak siap, sedangkan variabel kesiapan belajar siswa diperoleh rata-rata empirik sebesar 79,42 dengan skor teoretik 22 atau 44,0% yang berarti bahwa rata-rata kesiapan belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berada pada kelompok dengan kategori skor tidak setuju atau tidak siap.
Copyrights © 2023