Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12 No 1 (2023)

Pengaruh strategi PBL dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis

Dhara Chiltya Simamora (Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan, Serdang, Indonesia)
Hikmah Maulida Sari Nst (Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan, Serdang, Indonesia)
Dina Aulia Luthfiah (Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan, Serdang, Indonesia)
Mas Berlian Nst (Pascasarjana Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan, Serdang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Metodologi pembelajaran dan bakat siswa adalah dua hal penting yang terus sebagai fokus pengajar. Pemecahan masalah dan komunikasi matematis merupakan dua keterampilan penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pendidikan matematika. Problem Based Learning (PBL) dan Think Pairs Share ialah dua metodologi pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk mengajar matematika (TPS). Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metodologi pembelajaran problem Based Learning serta Think Pairs Share terhadap kemampuan pemecahan masalah serta komunikasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IX MTs Negeri dua Medan, dengan populasi sebanyak 178 siswa dan sampel sebanyak 60 siswa yang dipilih dengan memakai teknik cluster sampling. Alat yang digunakan merupakan tes keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Data diuji dengan menggunakan analisis varians dua arah dan uji t. Bila dibandingkan menggunakan teknik pembelajaran Think Pair Share, strategi pembelajaran berbasis masalah mempunyai dampak yang menguntungkan 7,264% lebih besar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kedua metode pembelajaran tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...