Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12 No 1 (2023)

Pengembangan e-modul berbasis problem-based learning untuk melatih literasi numerasi siswa

Ninin Ernia (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin, Gresik, Indonesia)
Wilda Mahmudah (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Qomaruddin, Gresik, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal literasi numerasi menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa perlu dilatih. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas X SMKN 1 Sidayu. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, angket respon siswa, serta tes hasil belajar. Masing-masing instrumen mendapat perolehan rata-rata sebesar 3,4 dan 3,7 untuk validasi, rata-rata 3,19 untuk angket respon siswa, dan rata-rata 75,83 untuk tes hasil belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning yang dihasilkan layak digunakan untuk melatih literasi numerasi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...