Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan yang mendeskripsikan tentang implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 028 Pematang Reba, Rengat Barat, Indragiri Hulu berdasarkan Kepmendikbudristek No.56/M/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Utuk menguji keabsahan hasil penelitian maka dilakukan teknik pemeriksaan data berdasarkan empat kriteria yaitu Derajat Kepercayaan (Credibility), Transferabilitas (Transferability), Kebergantungan (Dependability), dan Kepastian (Confirmability). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses Komunikasi Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 028 Pematang Reba, Rengat Barat, Indragiri Hulu sudah dilakukan melalui sosialisasi dalam bentuk pelatihan, diklat, dan workshop. Namun volume atau porsi pelatihan harus lebih ditingkatkan. Kejelasan informasi tentang kebijakan Kurikulum Merdeka harus disampaikan ke sasaran. Sosialisasi kurikulum Merdeka harus secara rutin dilaksanakan karena masih rendahnya pemahaman guru dan warga tentang Kurikulum Merdeka; Kesiapan Sumber daya dalam implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 028 Pematang Reba, Rengat Barat, Indragiri Hulu cukup memadai; pemahaman mengenai capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, modul ajar dan proyek penguatan profil pelajar pancasila, perlu ditingkatkan lagi melalui pelatihan; implementasi kebijakan kurikulum merdeka di SD Negeri 028 Pematang Reba, Rengat Barat, Indragiri Hulu, sudah berjalan baik dalam hal koordinasi internal pelaksanaan kebijakan.
Copyrights © 2022