Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 19, No 1 (2022)

Kepribadian pendidik dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik: studi tokoh bu Muslimah pada novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata

Aisyah A'yun Khoirurrizki (Ahmad Dahlan University)
Farid Setiawan (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Saat ini Indonesia sedang memiliki keprihatinan tinggi terhadap peningkatan motivasi belajar bagi peserta didik dalam dunia pendidikan. Salah satu sebabnya ialah kurangnya kompetensi kepribadian pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini berTujuan untuk mengetahui: (1) Profil pendidik yang ideal sesuai dengan kepribadian Bu Muslimah dalam Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. (2) Untuk memahami dampak kepribadian Bu Muslimah dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dalam dalam Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. (3) untuk mengetahui dan memahami relevansi dari kepribadian Bu Muslimah terhadap pendidik di era kontemporer. Penelitian dilakukan melalui studi literatur pada salah satu Novel karya Andrea Hirata yaitu Laskar Pelangi. Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun dari beberapa sumber literatur seperti buku, jurnal, skripsi dan tulisan atau karya ilmian yang relevan dengan penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini adalah Novel karya Andrea Hirata, sedangkan objek penelitian ini adalah kepribadian Bu Muslimah yang berperan menjadi seorang guru dalam Novel Laskar Pelangi. Peneliti menggunakan Teknik analisis konten untuk menemukan dan menuliskan kembali hasil analisis yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bu Muslimah memiliki kepribadian yang ideal sesuai dengan Permendiknas No.16 Tahun 2007 dan Teori dalam Buku Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru karya Chaerul Rochman dan Heri Gunawan sehingga dapat menjadi role model bagi pendidik di era kontemporer.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIT

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam p-ISSN: 2088-3102; e-ISSN: 2548-415X is an journal published by the Faculty of Tarbiyah and Education Science Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as ...