Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Penerapan Model Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 02 Trans Bangsa Negara

Sepdiana Triastuti (FKIP Universitas PGRI Palembang)
Ilham Arvan Junaidi (FKIP Universitas PGRI Palembang)
Imelda Ratih Ayu (FKIP Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning dalam kurikulum merdeka di SDN 02 Trans Bangsa Negara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menngunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah SDN 02 Trans Bangsa Negara telah menerapkan model project based learning yang sesuai dengan kurikulum merdeka dengan menggunakan langkah-langkah (1) penentuan proyek; (2) merencanakan langkah-langkah dalam menyelesaikan proyek; (3) menyusun jadwal; (4) penyelesaian proyek dan monitoring guru; (5) penyusunan laporan dan persentasi hasil proyek; (6) evaluasi hasil proyek. Terdapat kendala dalam pelaksanaan pembelajaranya yaitu karena pembelajaran dilakukan secara berkelompok terdapat siswa yang kurang aktif dikelompoknya sehingga peran guru sebagai fasilitator sangat dibutuhkan untuk mengarahkan siswa dalam pembelajaran project based learning , dan untuk penyelesaian proyek membutuhkan waktu yang sangat lama serta tidak sesuai dengan waktu yang dijadwalkan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...